KPAI: Sistem Zonasi PPDB Sejalan Kepentingan Terbaik Anak

KPAI: Sistem Zonasi PPDB Sejalan Kepentingan Terbaik Anak Sistem Zonasi PPDB (ANTARA FOTO/Maulana Surya)
 Sekalipun menuai banyak kontroversi, sistem zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) juga mendapat dukungan.

Komisioner Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti mengatakan PPDB dengan sistem zonasi sejalan dengan kepentingan terbaik untuk anak.

"Anak yang dekat dengan sekolah mereka akan sehat, mereka akan jalan kaki atau naik sepeda ke sekolah. Tidak perlu naik kendaraan," kata dia saat konferensi pers di Jakarta, Rabu, dikutip dari Antara.


Selain itu, dia mengungkapkan bahwa pencernaan mereka akan sehat karena mereka sempat sarapan dan orang tua dapat mengantarkan makan siang untuk anaknya.

Selain itu kekerasan di sekolah seperti tawuran dapat diminimalkan karena anak berteman dengan teman-temannya yang sudah mereka kenal baik sehingga menutup akses tawuran.



"Orang tua juga dekat dengan sekolah sehingga mudah dilibatkan dengan kegiatan sekolah," kata dia.

Sistem zonasi menurut Retno telah membuka akses bagi siapa saja untuk mendapat pendidikan yang baik. Dia juga menambahkan bahwa hal yang harus diperbaiki adalah kualitas sekolah dan guru.

Sebelumnya, PPDB sistem zonasi ini mendapatkan banyak reaksi dari siswa dan orang tua murid, termasuk PPDB di Surabaya.



Banyak orang menuntut sistem PPDB sistem zonasi tahun ini dikaji oleh pemerintah. Sistem ini dinilai belum siap dari berbagai aspek, misalnya dari ketersediaan jumlah sekolah, sarana prasarana dengan jumlah penduduk usia sekolah dalam suatu wilayah.  (Antara/chs)

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190620104015-284-404886/kpai-sistem-zonasi-ppdb-sejalan-kepentingan-terbaik-anak
Share:

Arsip Blog

Recent Posts